Menonton Gedebong Goyang di Sanur Village Festival 2011


    Lewat sebuah email Ibu Rucina mengumumkan Gedebong Goyang akan pentas di Sanur Village Festival. Sebuah surat yang tak bertele-tele, lalu akibatnya sms pun berhamburan sebab penggemar Gedebong Goyang cukup banyak diseantero Ubud dan Denpasar. Dan terjadilah kelucuan ketika memasuki area di Padang Galak di jalan Matahari Terbit itu: sebab banyak teman yang terundang lewat sms, tak mengira Gedebong Goyang itu ternyata pentas di acara pembukaan sebuah festival. Dan baru ‘ngeh’ kalau Sanur Festival sudah dimulai!

    Dengan gaya stand up comedy: tradisi ngelawak ala turis ini dimunculkan oleh tiga perempuan bule, yang rata-rata sudah tinggal di Bali lebih dari 20-an, dengan bahasa Indonesia  dan bahasa  bali yang  cadel, menghadirkan kesegaran;sebagai komedi yang menyenangkan. Sambil mendengarkan bagaimana tiga perempuan bule ini ngelawak; mengingatkan penonton mengenai kebiasaan berbahasa bali halus yang mulai melenyap; sudah barang tentu dengan gaya comedian: lalu bagaimana ironicalnya  hubungan mertua dan menantu dalam tradisi keluarga Bali, yang kini memang banyak bermenantukan turis: dari urusan berpakaian sampai soal minum bier  lalu memparodikan  ilmu pengleakan sebagai katalis dari problem komunikasi antara sang mertua dengan menantu.

    Dan Gedebong Goyang memang menggoyang akhirnya,  melebarkan topic komedi ke soal korupsi, ke soal sampah, dan jeli memanfaatkan lagu-lagu fenomenal yang merakyat seperti;  menjadikan Paris Hiltons  menyanyikan lagu ayu ting ting yang kebingungan mencari alamat festival sanur!

    Menyenangkan menonton Gedebong Goyang  dalam pembukaan festival sanur kali ini, sebab sangatlah perlu kini masyarakat menertawai dirinya sendiri. Setelah kepenatan kemacetan jalan, keluhan yang tak pernah surut soal perilaku pejabat; dsbnya, tiba-tiba tiga bule muncul di panggung, mengusung isu yang membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal: membayangkan semua 'betara' kena flu sehabis dihaturkan sajen, sebab buah-buahan yang digunakan untuk sajen buah impor yang cukup lama disimpan dalam kulkas!.....Dan itu serius goyangnya Gedong Goyang!

No comments:

Post a Comment